Daftar Blog Saya

Minggu, 15 November 2009

Note Part 1

Udara yang dingin menyambutku sejak aku menginjakkan kaki dikota ini. Sudah lama rasa nya aku tidak ke Bukittinggi, terakhir ketika aku masih duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu rumah penduduk masih sedikit dan jalan nya belum sebagus sekarang. Jalan kedesa ku masih jalan setapak, cukup untuk dilalui binatang ternak dan manusia. Makanya tidak aneh jika kita melihat hewan ternak milik penduduk masih seenaknya berkeliaran dan mengotori jalan. Tetapi aroma sejuk pedesaan seakan-akan mampu menyapu setiap bebauan yang tidak mengenakan itu. Sedangkan disisi kiri jalan terlihat sawah yang terbentang luas dengan padi yang sudah hampir menguning atau mereka (para petani) menyebutnya hampir masak, melambai-lambai karna tiupan angin. Padi-padi itu seakan-akan menari dan memancing burung untuk mencicipi makanan pagi mereka.


Aku sering bermain disawah, berlarian tanpa alas kaki dengan kaka' ku yang setahun jarak umurnya denganku. Kami bercengkrama serta bersanda gurau membahas apa saja yang kami jumpai. Aku melihat nenek ku melambaikan tangan dan menyuruh kami untuk berhati-hati. Nenek ku adalah salah satu petani yang ada didesa ini beliau sudah berumur sekitar 68 tahun, tetapi nenek masih saja kuat bekerja. Padahal andai saja nenek mau untuk ikut bersama kami ke kota Pekanbaru, tentulah nenek tidak perlu repot-repot untuk bekerja lagi. Tapi itu lah nenek ku, beliau tidak pernah mau menjadi beban untuk anak-anak nya yaitu mama dan tanteku.


Aku pernah membayangkan tinggal bersama nenek dan bersekolah disini. Pasti akan menyenangkan, setiap pagi aku akan berangkat sekolah dengan berjalan kaki di jalan setapak, sambil menghirup udara segar pedesaan. Dan kali ini impian ku itu sudah terwujud, aku kembali lagi ke kota ini setelah sekian lama. Saat ini umurku sudah 18 tahun, dan ditahun ajaran baru ini aku akan menuntut ilmu di salah satu kampus V politeknik kesehatan padang yang ada di bukittinggi, tepatnya jurusan prodi kesehatan gigi bukittinggi. Sebenarnya aku belum pernah melihat kampusku itu, sejak aku dinyata kan lulus atas ujian seleksi dipadang, bahkan letaknya saja aku tidak tahu karena mendengar nama nya saja aku baru kali ini. Jadi, misiku hari ini adalah mencari informasi tentang kampusku. Maka di mulailah perjalanan ku pagi ini, disini dikota penuh harapan Bukittinggi.

Tidak ada komentar: